AGUNG KURNIAWAN: TUGAS DASAR PEMASARAN

TUGAS DASAR PEMASARAN

ASEP MUSTOFA        
AGUNG KURNIAWAN    20211337
RIDHO ARPA JANAKA


INDOMARET



Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.
Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Mei 2010 Indomaret mencapai 4261 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali, Lampung dan Medan. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.
Pada awal tahun 2011, Indomaret merubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.

Lingkungan intern perusahaan
Setiap tahun, Indomaret membagikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di sekitar toko Indomaret. Tahun 2009, beasiswa diberikan kepada 1.300 Siswa 260 Sekolah dasar yang ada di Jawa, Bali, Madura dan Sumatera
Indomaret hadir di Kidzania, Pacific Place Jakarta. Sebuah tempat bermain anak-anak yang menyenangkan dan mendidik. Anak-anak dapat menjalankan profesi seperti halnya staf karyawan Indomaret, dan belajar tentang sistem retail modern.
Lingkungan ekstern perusahaan
Festival Vokal Group Indomaret (FOGI)merupakan inisiatif Indomaret untuk memfasilitasi talenta kaum muda Indonesia yang berbakat dalam dunia tarik suara, Khususnya Vokal Group. Diadakan setiap tahun di kota-kota besar, untuk kemudian Final di Jakarta. Tahun 2010 Para Pemenang FOGI mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam kejuaraan dunia Vokal Group, World Choir Games, di Shaoxing China, dan meraih juara pertama.


Analisis swot
Strength/kekuatan
a.harga lebih terjangkau dan terjamin
b.belanja hemat
c.terdapat diskon
d.promosi lebih mudah karna lokasi strategis
e.pelayanan memuaskan
weaknesses/kelemahan
a.tidak dapat menerima order
b.tidak memiliki garansi
opportunities/peluang
a.mudahnya memenuhi kebutuhan dengan harga yang lebih terjangkau
b.menambah sdm
c.menguranggi jumlah pengangguran
threat/ancaman
a.banyak competitor yang bermunculan
b.kondisi perekonomian yang labil
penyelesaian masalah
menguranggi jumlah pengangguran dengan adanya lapangan pekerjaan baru,meningkatkan daya komsumsi masyarakat dengan menjual barang kebutuhan yang lebih efisien dari segi harga yang terjangkau sehingga mengguranggi angka gizi buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © AGUNG KURNIAWAN Urang-kurai