Pages

Jumat, 23 Desember 2011

TUGAS PENGANTAR BISNIS KE 3

NAMA : AGUNG KURNIAWAN
KELAS : 1EB04
NPM : 20211337

MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKSI
Produksi adalah penciptaan atau penambahan faedah, bentuk, waktu dan tempat atas faktor-faktor produksi sehingga lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.
 Produk adalah hasil dari kegiatan produksi yang berwujud barang dan jasa.
 Produsen adalah orang atau badan ataupun lembaga lain yang menghasilkan produk.
 Produktivitas adalah suatu perbandingan dari hasil kegiatan yang sesungguhnya dengan hasil kegiatan  yang seharusnya.
 Luas Produksi adalah kapasitas yang digunakan oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dapat diukur dengan kapasitas mesin, penyerapan bahan baku, jumlah tenaga kerja, jumlah jam kerja, jumlah jam mesin dan unit keluaran.
 Bill of Material adlah daftar dari seluruh bahan baku, bahan lain, onderdil dan komponen untuk memproduksi dalam perusahaan.
 Job Lot Shop adalah perusahaan yang akan berproduksi atau pesanan yang masuk dalam perusahaan.
 Moss Production Shop adalah perusahan-perusahaan yang berproduksi untuk persediaan atau untuk pasar. Produksi tidak konstan, kadang bertambah, kadang berkurang.
 Luas Perusahaan adalah kapasitas yang tersedia atau terpasang dalam suatu perusahaan.
Perencanaan adalah serangkaian keputusan yang diambil sekarang untuk dikerjakan pada waktu yang akan datang.
Faktor - Faktor Produksi :
1. Alam
2. Modal
3. Tenaga kerja
4. Teknologi
Proses Produksi adalah cara atau metode untuk menciptakan atau menambah guna suatu barang atau jasa dengan memanfaatkan sumber yang ada.
Macam - Macam Wujud Proses Produksi :
1. Proses kimia : adalah proses produksi yang menggunakan sifat kimia.
2. Proses perubahan bentuk : adalah proses produksi dengan merubah bentuk.
3. Proses asembling : adalah proses produksi menggabungkan komponen-komponen mejadi produk akhir.
4. Proses transportasi : adalah proses produksi menciptakan perpindahan barang.
5. Proses penciptaan jasa-jasa administrasi : adalah proses produksi berupa penyiapan data informasi yang
    diperlukan.
Jenis - Jenis Proses Produksi :
1. Proses produksi terus-menerus : adalah proses produksi yang terdapar pola atau urutan yang pasti sejak dari
    bahan baku sampai menjadi barang jadi.
2. Proses produksi terputus-putus : adlah proses produksi yang tidak terdapat urutan atau pola yang pasti sejak
    dari bahan baku sampai menjadi barang jadi.
Ruang Lingkup Manajemen Produksi
Perencanaan sistem produksi
Sistem pengendalian produksi
Sistem informasi produksi
● Perencanaan produksi
● Pengendalian proses produksi
● Struktur organisasi
● Perencanaan lokasi produksi
● Pengendalian bahan baku
● Produksi atas dasar pesanan
● Perencanaan letak fasilitas produksi
● Pengendalian tenaga kerja
● Produksi untuk persediaan
● Perencanaan lingkungan kerja
● Pengendalian biaya produksi
● Perencanaan standar produksi
● Pengendalian kualitas pemeliharaan
Definisi Manajemen Produksi
1. Oleh Agus Ahyari :
    Merupakan proses kegiatan untuk mengadakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dari produksi dan proses produksi.
2. Oleh Sukanto :
    Merupakan usaha mengelola dengan cara optimal terhadap faktor-faktor produksi atau sumber seperti manusia, tenaga kerja, mesin dan bahan baku yang ada.
Tujuan Manajemen Produksi
Adalah memproduksi atau mengatur produksi barang-barang dan jasa-jasa dalam jumlah, kualitas, harga, waktu serta tempat tertentu sesuai dengan kebutuhan.
Penelitian Produksi
Adalah penelitian tentang produk apa dan bagaimana yang disukai konsumen.
Pengembangan Produksi
Adalah penelitian terhadap produk yang telah ada untuk dikembangkan lebih lanjut agar mempunyai kegunaan yang lebih tinggi dan lebih disukai konsumen.
Liniear Programming
Adalah salah satu cara atau metode untuk menentukan kombinasi produksi yang paling optimal. Problem yang dapat diselesaikan terbatas pada problem yang mempunyai batasan liniear, serta mempunyai fungsi yang lancar.
Luas Produksi
Adalah jumlah atau volume output yang seharusnya diproduksi oleh suatu perusahaan dalam suatu periode.
Akibat Luas Produksi :
1. Luas produksi yang terlalu besar berakibat biaya yang besar dan investasi yang besar pula.
2. Luas produksi yang terlalu kecil berakibat tidak dapatnya perusahaan memenuhi permintaan pasar.
Luas Perusahaan Dapat Diukur Dengan :
1. Bahan dasar yang digunakan
2. Barang yang dihasilkan
3. Peralatan yang digunakan
4. Jumlah pegawai yang dipekerjakan
Hubungan Luas Produksi Dengan Biaya
1. Biaya variabel : adalah biaya yang berubah-ubah tergantung volume produksi.
    a. Biaya variabrl progresif
    b. Biaya variabel proporsional
    c. Biaya variabel regresif
2. Biaya tetap : adalah biaya yang tidak terpengaruh dengan perubahan volume produksi.
3. Biaya persatuan : adalah biaya total dibagi jumlah barang yang diproduksi.
    Semakin besar jumlah yang diproduksi maka biaya persatuan makin kecil, dan begitu sebaliknya.
Kendala Dalam Mencapai Luas Produksi Maksimal
1. Faktor tidak dapat dibagi-bagi alat produksi tahan lama
2. Berlakunya hukum hasil yang bertambah dan berkurang
3. Berlakunya hukum guna batas yang berkurang
Penentuan Luas Produksi
1. Pendekatan konsep MC dan MR
    a. Marginal cost adalah tambahan ongkos sebagai akibat dari adanya tambahan satuan produk.
    b. Marginal revenue adalah tambahan penghasilan sebagai akibat tambahan satuan produk.
    Perbandingan antara besarnya tambahan biaya MC dengan tambahan penghasilan MR dapat membantu
    menentukan luas produksi yang paling menguntungkan.
2. Pendekatan konsep BEP
    Dalam konsep ini terdapat hubungan volume produksi, biaya dan laba.
3. Metode simplek
    Adalah metode untuk menentukan kombinasi dua atau lebih barang yang dihasilkan perusahaan agar
    keuntungan maksimal.
Faktor - Faktor Yang Membatasi Luas Produksi
1. Kapasitas mesin
2. Bahan dasar
3. Uang kas yang tersedia
4.  Permintaan
Pola Produksi
Pola Produksi adalah penentuan bagaimana kebijakan perusahaan untuk melayani penjualan.
Macam - Macam Pola Produksi
1. Pola produksi konstan atai horizontal : adalah dimana jumlah yang diproduksi setiap periode tetap sama.
2. Pola produksi bergelombang : adalah jumlah yang diproduksi setiap periode tidak sama mengikuti perubahan
    tingkat penjualan dalam perusahaan.
3. Pola produksi moderat : adalah gelombang produksi tidak tajam, sehingga mendekati konstan.
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pola Produksi
1. Pola penjualan
2. Pola biaya ;
    a. biaya perputaran tenaga kerja
    b. biaya simpan
    c. biaya lembur
    d. biaya subkontrak
3. Kapasitas maksimum fasilitas produksi.
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Pabrik
1. Lingkungan masyarakat
2. Sumber alam
3. Tenaga kerja
4. Transportasi
5. Pembangkit tenaga listrik
6. Tanah untuk ekspansi
Metode Pemilihan Lokasi Pabrik
1. Metode kuantitatif : adalah menilai secara kuantitatif baik buruknya suatu daerah untuk pabrik sehubungan
    dengan faktor-faktor yang terdapat didaerah tersebut, sehingga perusahaan dapat membandingkan keadaan
    daerah satu dengan daerah lain.
2. Metode kualitatif : adalah konsep biaya tetap dan biaya variabel dari lokasi yang berbeda dapat menciptakan
    hubungan antara biaya dan volume produksi yang berlaku bagi masing-masing lokasi.
3. Metode transportasi : adalah suatu alat untuk memecahkan masalah yang menyangkut pengiriman barang,
    dari suatu tempat ke tempat yang lain.
Tujuan transportasi adalah dari mana dan berapa jumlah yang harus didistribusikan pada masing-masing lokasi, sehingga biaya distribusi minimum.
Perencanaan Layout adalah perencanaan dari kombinasi yang optimal antara fasilitas produksi serta semua peralatan dan fasilitas terlaksananya proses produksi.
Tujuan Pelaksanaan Layout adalah untuk mendapatkan kombinasi yang paling optimal antara fasilitas-fasiltas produksi.
Layout Diperlukan Dalam Perusahaan Karena :
1. Adanya perubahan desain produk
2. Adanya produk baru
3. adanya perubahan volume permintaan
4. Lingkungan kerja yang tidak memuaskan
5. Fasilitas produksi yang ketinggalan jaman
6. Penghematan biaya
7. Adanya kecelakaan dalam proses produksi
8. Pemindahan lokasi pasar/konsentrasi terhadap pasar
Kriteria Penyusunan Layout :
1. Jarak angkut yang minimum
2. Penggunaan ruang yang efektif
3. Keselamatan barang-barang yang diangkut
4. Fleksibel
5. Kemungkinan ekspansi masa depan
6. Biaya diusahakan serendah mungkin
7. Aliran material yang baik
Langkah-Langkah Perencanaan Layout :
1. Melihat perencanaan produk yang menunjukkan fungsi-fungsi dimiliki produksi tersebut
2. Menentukan perlengkapan yang akan dibutuhkan dan memilih mesin-mesinnya.
3. Analisa dan keseimbangan urutan pekerjaan, flow casting dan penyusunan diagram blok daripada layout.
Klasifikasi Perencanaan Layout
1. Adanya perubahan-perubahan kecil dari layout yang ada
2. Adanya perubahan-perubahan fasilitas produksi yang baru
3. Merubah susunan layout karena adanya perubahan fasilitas produksi
4. Pembangunan pabrik baru
Macam - Macam Layout
1. Produk layout
    adalah berurutan sesuai dengan jalannya proses produksi dari bahan mentah sampai menjadi barang jadi.
2. Proses layout
    Adalah kesamaan proses atau kesamaan pekerjaan yang mempunyai fungsi yang sama dikelompokkan dan
    ditempatkan dalam ruang tertentu.
3. Fixed position (layout kelompok)
    Adalah susunan komponen untuk proses produksi diletakkan didekat tempat proses produksi dilaksanakan.
4.  Material handling
    Adalah ilmu untuk memindahkan, membungkus dan menyimpan bahan-bahan dalam segala bentuk.
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=manajemen%20produksi%20ruang%20lingkupnya&source=web&cd=1&ved=0CCEQFjAA&url=http%3A%2F%2Fimages.dedi1968.multiply.multiplycontent.com%2Fattachment%2F0%2FScCV8goKCIIAADTmbBE1%2FMANAJEMEN%2520OPERASI%2520DAN%2520PRODUKSI.doc%3Fkey%3Ddedi1968%3Ajournal%3A99%26nmid%3D220304907&ei=zGXdTpDuKIfJrAfw1pypBA&usg=AFQjCNEwY4Fl0w-O04CSfPXKfflRUhNdnw&cad=rja 
Definisi, Pengertian, Tugas & Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia / SDM - Ilmu Ekonomi
Definisi, Pengertian, Tugas & Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia / SDM - Ilmu Ekonomi Manajemen - Manajer MSDM
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.
Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Departemen Sumber Daya Manusia Memiliki Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab
1. Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja / Preparation and selection
a. Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan / forecast akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktu, dan lain sebagainya.
Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain sebagainya.
b. Rekrutmen tenaga kerja / Recruitment
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan / job description dan juga spesifikasi pekerjaan / job specification.
c. Seleksi tenaga kerja / Selection
Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar riwayat hidup / cv / curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja / interview dan proses seleksi lainnya.
2. Pengembangan dan evaluasi karyawan / Development and evaluation
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.
3. Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai / Compensation and protection
kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu. Kompensasi atau imbalan yang diberikan bermacam-macam jenisnya yang telah diterangkan pada artikel lain pada situs organisasi.org ini.
http://organisasi.org/definisi_pengertian_tugas_fungsi_manajemen_sumber_daya_manusia_sdm_ilmu_ekonomi_manajemen_manajer_msdm
 
1.Peran mahasiswa terhadap kemajuan bangsa saat ini?
                Menurut saya peran mahasiswa untuk kemajuan bangsa adalah cukup besar,karena dalam kenyataanya mahasiswa sebagai jembatan antara rakyat dengan para pemimpin Negara.sebab bila rakyat tidak puas dengan kinerja para pemimpin,mahasiswalah yang paling gencar untuk menyalurkan aspirasi mereka.Mahasiswa sebagai generasi muda yang memiliki intelektual tinggi adalah penerus bagi para orang tua pemimpin bangsa,yang akan menjadi pemimpin bangsa lebih baik dari yang sebelumnya
2.Sarjana yang berguna bagi masyarakat
`               Di zaman yang semakin modern saat ini,persaingan kerja semakin ketat.bagi para mahasiswa yang sudah menjadi sarjana modal nilai saja tidaklah cukup untuk bersaing mendapatkan pekerjaan.yang sangat di perlukan adalah kemampuan /keterampilan kerja yang sudah matang.Mungkin suatu saat nanti banyak sarjana mahasiswa yang mampu untuk berwirausaha atau membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang kurang mampu
3.Menumbukan semangat belajar
Cara untuk menumbuhkan semangat belajar :
1.selalu ingat bahwa saat ini kita adalah mahasiswa ,bukanlah siswa yang memakai seragam.
2.memotivasi diri untuk selalu maju
3.Jadikan pengalaman yang buruk di masa lalu sebagai pelajaran untuk masa depan
4.Ingatlah orang tua kita yang sudah susah payah untuk mencari uang demi sekolah anaknya.kita hanya
   bisa membayar kebaikan orang tua hanya dengan kesuksesan kita



Jumat, 11 November 2011

pengantar bisnis

nama : Agung kurniawan
npm : 20211337
kelas : 1EB04


1.pengertian manajemen

A.Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

B.Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuanFungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20] Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga[, yaitu:
1.   Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
2.   Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
3.   Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha


2.Pengertian marketing
A. Dalam Manajemen , Pemasaran adalah proses yang digunakan untuk menentukan produk atau jasa yang mungkin menarik bagi konsumen, serta strategi yang akan digunakan dalam penjualan, komunikasi dan pengembangan bisnis. Tujuan pemasaran adalah untuk menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan, mengelola hubungan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kegiatan seorang manajer pemasaran yang mencakup rentang yang sangat luas kegiatan dari studi pasar , definisi strategi , periklanan , penjualan dan layanan purna jual .
Di Portugal , pemasaran cenderung untuk menerjemahkan marketing atau, lebih jarang, untuk "barang dagangan

B.Bauran pemasaran pertama kali dirumuskan oleh Jerome McCarthy dalam bukunya Dasar Pemasaran (1960) dan berhubungan dengan himpunan titik-titik yang menarik bagi organisasi mana yang harus sadar jika mereka ingin mengejar tujuan-tujuan pemasaran. Senyawa ini dibagi menjadi empat bagian yang sering disebut "empat P." Mereka adalah: Product, Price, Place (titik penjualan / distribusi) dan Promosi.
Marketing Mix dibagi menjadi empat P, yang adalah bentuk pengaruh pada saluran pemasaran dan konsumen akhir, yang sesuai dengan Cs empat pelanggan.
Produk: Klien: segala sesuatu yang mengacu pada produk atau layanan itu sendiri, seperti desain fisik, fitur, produksi, kualitas, merek, desain, kemasan, dll.
Harga: Biaya: harga, diskon, dan bentuk-bentuk dan ketentuan pembayaran;
Persegi: Kenyamanan: tugas-tugas yang dibutuhkan untuk membuat produk atau layanan kepada konsumen, sehingga ia dapat membeli dan mengkonsumsinya, saluran distribusi, cakupan, varietas, lokasi, persediaan, transportasi.
Promosi: Komunikasi: tugas komunikasi Semua untuk mempromosikan konsumsi produk atau jasa, promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, iklan, dll.
Empat faktor dari bauran pemasaran yang saling terkait, keputusan di satu daerah mempengaruhi tindakan lainnya. Untuk menggambarkan, desain marketing mix tentu dipengaruhi oleh fakta bahwa perusahaan memilih untuk bersaing pada harga atau pada satu atau lebih faktor. Ketika sebuah perusahaan tergantung pada harga yang kompetitif sebagai alat primer, faktor-faktor lain harus didesain untuk mendukung strategi harga agresif. Sebagai contoh, kampanye promosi mungkin akan dibangun di sekitar tema "harga rendah, rendah." Dalam sebuah kompetisi di luar harga, bagaimanapun, strategi produk, distribusi dan / atau promosi di datang ke depan. Misalnya, produk harus memiliki karakteristik yang dapat membenarkan harga yang lebih tinggi, dan promosi harus membuat gambar berkualitas tinggi untuk produk.
Beberapa pemasar, seperti organisasi bisnis, ingin menggunakan pemasaran untuk mempengaruhi pilihan merek dan membeli, sementara yang lain, seperti kesehatan dan organisasi pemerintah, menggunakan "demarquetização" untuk meyakinkan orang untuk berhenti merokok atau praktik seks aman. Dalam kasus tersebut, konsumen wadah upaya pengaruh. Perspektif pengaruh konsumen adalah kekhawatiran banyak orang, termasuk yang terkait dengan perlindungan pemasaran, pendidikan dan konsumen.

4.jelaskan pengertian perusahaan kecil
A.Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah sebagai berikut: 1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha 2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah) 3. Milik Warga Negara Indonesia 4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar 5. Berbentuk usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.
Di Indonesia, jumlah UKM hingga 2005 mencapai 42,4 juta unit lebih.
Pemerintah Indonesia, membina UKM melalui Dinas Koperasi dan UKM, di masing-masing Provinsi atau Kabupaten/Kota.







B.Perbedaan perusahaan kecil dan perusahaan besar
Perusahaan kecil
1umumnya di kelola pemilik
2.struktur organisasinya sederhana
3.pemilik mengenal karyawan
4.prosentasi kegagalan perusahaan tinggi
5.kekurangan manajer yang ahli
6.modal jangka panjang sulit di peroleh
7.gaya manajerial lebih hanya ke trial dan eror
Perusahaan besar
1.umumnya bukan di kelola oleh pemilik
2.struktur organisasinya kompleks
3.pemilik mengenal sedikit karyawan
4.prosentasi kegagalan rendah
5.banyak ahli manajemen
6.modal jangka panjang relative lebih mudah



TUGAS 2

4.A. apa makna sukses menurut anda?
          Menurut saya sukses adalah,suatu hasil dari kerja keras hingga apa yang di cita-citakan dapat terwujud.sukses adalah sebuah kondisi dimana kita sudah merasa aman dengan situasi dan kondisi yang kita dapat sehingga kita dapat melakukan hal yang sebelumnya tidak dapat kita lakukan atau kita miliki

B.Kuliah sambil berwirausaha
          Kuliah sambil berwirausaha bukanlah suatu yang berat,bila kita mampu dan mempunyai kemauan untuk mandiri atau tidak memberatkan orang tua dengan berwirausaha .terkadang masalah yang di hadapi adalah pembagian waktu yang cenderung sulit di atur.sehingga mengganggu aktivitas kuliah kita sehingga nilai menjadi turun

3.jadi pengusaha atau jadi karyawan bonafit?
          Pilihan tersebut tergantung dari kemampuan kita,bila kita mempunyai kemampuan untuk berwiausaha maka akan menjadi pengusaha,begitupun sebaliknya.pendapat saya,saya akan menjadi pengusaha,diawali dengan belajar segala hal tentang membuat da memimpin sebuah perusahaan,mencari modal,mengetahui segala resiko

Jumat, 14 Oktober 2011

tugas pngantar bisnis


NAMA : AGUNG KURNIAWAN
KELAS : 1EB04
NPM : 20211337

TUGAS 1
1.Jelaskan pengertian bisnis yang anda ketahui?
Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit).
2.Jelaskan perbedaan bisnis dengan lembaga social?
Bisnis bertujuan untuk memperoleh laba sebanyak-banyaknya
Lembaga social tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.berbeda dengan bisnis lembaga social lebih kepada kepentingan masyarakat dari ada untuk memperoleh uang
3. pengertian perusahaan,misi perusahaan,visi perusahaan?
Perusahaan adalah bentuk kegiatan ekonomi yang bertujuan untunk mencari keuntungan yang di lakukan perorangan atau kelompok/organisasi
Misi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan barang dan jasa yang di hasikan
Visi perusahaan berbicara tentang cita-cita atau impian buat masa depan perusahaan
4.Jelaskan lingkungan-lingkungan perusahaan
Lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
A. Lingkungan Eksternal.
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan.
Seperti: • Hukum
• Perekonomi
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
B.Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.Seperti :
tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan
.
5.Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk badan usaha :
PT,firma,CV.PT ( Perseroan terbatas ) adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.

B.Firma adalah perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang yang juga langsung memimpin perusahaan. Anggota-anggota bertanggung jawab tidak terbatas atas utang perusahaan. seperti halnya perusahaan perseorangan,

C.Cv adalah suatu Perusahaan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang secara tanggung menanggung, bertanggung jawab secara seluruhnya atau secara solider, dengan satu orang atau lebih sebagai pelepas uang

TUGAS 2
Menurut saya strategi belajar dalam perguruan tinggi adalah
1.pintar-pintar dalam memilih teman
            untuk dapat sukses dalam belajar di perguruan tinggi,kita harus pintar-pintar memilih teman,berbeda dengan di SMA,setiap tingkatan/kelas ada banyak mahasiswa.kita harus berteman dengan orang-orang yang menurut kita baik,pintar,dan dapat di andalkan dalam kerja kelompok.Agar kita bisa lebih mempunyai kemampuan dalam belajar.
2.Menjaga hubungan baik dengan dosen
            dosen berbeda dengan guru SMA,karena murid yang di ajarkan dosen lebih banyak dari murid di SMA,karena itu untuk dapat di kenal dan dapat berhubungan dengan baik dengan dosen,kita harus menunjukan keseriusan kita dalam belajar.jika kita bisa bersikap baik dan rajin di mata dosen,kita dapat tambahan nilai dari dosen tersebut
3.Mengikuti organisasi –organisasi yang bermanfaat
            untuk dapat menjadi mahasiswa teladan,hanya belajar tidak akan cukup,kita harus mempunyai sikap percaya diri dan jiwa kemimpinan,untuk mendapatkan itu kita harus mengikuti organisasi-organisasi yang bermanfaat untuk kita.
4.Sadar diri kita besok bukanlah diri kita yang kemarin
            Sekarang status kita bukanlah siswa,melainkan mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi bukan di sekolah menengah.untuk bisa dapat maju,maju dah maju kita harus dapat merubah diri kita setiap hari.Terus memotivasi diri sendiri dan introspeksi kesalahah.Sadar untuk apa kita belajar di perguruan tinggi,yaitu berorientasi untuk bekerja.kita mengerjakan sesuatu karena kita tidak takut kerja keras,dan kita tidak menyia-nyiakan waktu.Kita memanfaatkan  waktu dengan sebaik- baiknya.Kita tidak hanyut dalam kebiasaan-kebiasaan atau menjadi bosan karena kita sibuk mencari pengalaman-pengamalan baru

 
Pengalaman belajar di perguruan tinggi
Pertama saya masuk ke perguruan tinggi banyak sekali pertanyaan dalam diri saya.apakah dalam belajar sama dengan SMA? Apakah suasana kehidupan sama dengan SMA?.Setelah beberapa minggu merasakan belajar di perguruan tinggi,saya mendapakan jawaban.semuanya berbeda sekali dengan SMA,kalau di SMA semua memakai seragam yang sama,tapi di perguruan tinggi semua  terlihat berbeda,itu tidaklah penting.Yang paling penting dalam pembelajaran itu sangatlah berbeda dengan di SMA.mata kuliah yang di ajarkan sangatlah sulit,
                Berbicara tentang kehidupan di perguruan tinggi,waktu saya pertama masuk dalam kelas,sama seperti teman-teman yang lain,bingung,diam melihat wajah-wajah yang belum pernah di lihat,seiring berjalannya waktu,saya mulia akrab dengan teman-teman satu kelas.berbeda sikap,cara bicara meskipun begitu mereka semua baik.Saya baru mahasiswa tingkat 1 masih banyak pengalaman yang belum saya rasakan.Dalam menjalani kehidupan di perguruan tinggi.kita harus sadar bahwa itu sangatlah berbeda dengan kehidupan anak sekolahan

Sukses memilih cita-cita sebagai sarjana
                Lulus SMP kita menuju tingkat SMA,lulus SMA menuju tingkat perguruan tinggi.lulus perguruan tinggi menjadi sarjana.Buat apa kita menjadi sarjana?menurut saya gelar sarjana adalah pegangan kita untuk bersaing dalam dunia kerja bersaing dalam kesejahteraan hidup.Apa yang harus kita lakukan agar manjadi sarjana?menurut saya adalah belajar dengan rajin,berdoa,dan melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti bergabung dalam organisasi yang melatih karakter kepemimpinan kita.Mendapatkan nilai yang bagus saja tidak cukup untuk bersaing dalam pekerjaan.yang paling penting adalah kemampuan yang terus di latih untuk dapat bekerja dengan baik