pengantar bisnis
nama : Agung kurniawan
npm : 20211337
kelas : 1EB04
npm : 20211337
kelas : 1EB04
1.pengertian manajemen
A.Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
B.Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuanFungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20] Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga[, yaitu:
1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
2.Pengertian marketing
A. Dalam Manajemen , Pemasaran adalah proses yang digunakan untuk menentukan produk atau jasa yang mungkin menarik bagi konsumen, serta strategi yang akan digunakan dalam penjualan, komunikasi dan pengembangan bisnis. Tujuan pemasaran adalah untuk menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan, mengelola hubungan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kegiatan seorang manajer pemasaran yang mencakup rentang yang sangat luas kegiatan dari studi pasar , definisi strategi , periklanan , penjualan dan layanan purna jual .
Di Portugal , pemasaran cenderung untuk menerjemahkan marketing atau, lebih jarang, untuk "barang dagangan
B.Bauran pemasaran pertama kali dirumuskan oleh Jerome McCarthy dalam bukunya Dasar Pemasaran (1960) dan berhubungan dengan himpunan titik-titik yang menarik bagi organisasi mana yang harus sadar jika mereka ingin mengejar tujuan-tujuan pemasaran. Senyawa ini dibagi menjadi empat bagian yang sering disebut "empat P." Mereka adalah: Product, Price, Place (titik penjualan / distribusi) dan Promosi.
Marketing Mix dibagi menjadi empat P, yang adalah bentuk pengaruh pada saluran pemasaran dan konsumen akhir, yang sesuai dengan Cs empat pelanggan.
Produk: Klien: segala sesuatu yang mengacu pada produk atau layanan itu sendiri, seperti desain fisik, fitur, produksi, kualitas, merek, desain, kemasan, dll.
Harga: Biaya: harga, diskon, dan bentuk-bentuk dan ketentuan pembayaran;
Persegi: Kenyamanan: tugas-tugas yang dibutuhkan untuk membuat produk atau layanan kepada konsumen, sehingga ia dapat membeli dan mengkonsumsinya, saluran distribusi, cakupan, varietas, lokasi, persediaan, transportasi.
Promosi: Komunikasi: tugas komunikasi Semua untuk mempromosikan konsumsi produk atau jasa, promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, iklan, dll.
Empat faktor dari bauran pemasaran yang saling terkait, keputusan di satu daerah mempengaruhi tindakan lainnya. Untuk menggambarkan, desain marketing mix tentu dipengaruhi oleh fakta bahwa perusahaan memilih untuk bersaing pada harga atau pada satu atau lebih faktor. Ketika sebuah perusahaan tergantung pada harga yang kompetitif sebagai alat primer, faktor-faktor lain harus didesain untuk mendukung strategi harga agresif. Sebagai contoh, kampanye promosi mungkin akan dibangun di sekitar tema "harga rendah, rendah." Dalam sebuah kompetisi di luar harga, bagaimanapun, strategi produk, distribusi dan / atau promosi di datang ke depan. Misalnya, produk harus memiliki karakteristik yang dapat membenarkan harga yang lebih tinggi, dan promosi harus membuat gambar berkualitas tinggi untuk produk.
Beberapa pemasar, seperti organisasi bisnis, ingin menggunakan pemasaran untuk mempengaruhi pilihan merek dan membeli, sementara yang lain, seperti kesehatan dan organisasi pemerintah, menggunakan "demarquetização" untuk meyakinkan orang untuk berhenti merokok atau praktik seks aman. Dalam kasus tersebut, konsumen wadah upaya pengaruh. Perspektif pengaruh konsumen adalah kekhawatiran banyak orang, termasuk yang terkait dengan perlindungan pemasaran, pendidikan dan konsumen.
4.jelaskan pengertian perusahaan kecil
A.Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah sebagai berikut: 1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha 2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah) 3. Milik Warga Negara Indonesia 4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar 5. Berbentuk usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.
Di Indonesia, jumlah UKM hingga 2005 mencapai 42,4 juta unit lebih.
Pemerintah Indonesia, membina UKM melalui Dinas Koperasi dan UKM, di masing-masing Provinsi atau Kabupaten/Kota.
B.Perbedaan perusahaan kecil dan perusahaan besar
Perusahaan kecil
1umumnya di kelola pemilik
2.struktur organisasinya sederhana
3.pemilik mengenal karyawan
4.prosentasi kegagalan perusahaan tinggi
5.kekurangan manajer yang ahli
6.modal jangka panjang sulit di peroleh
7.gaya manajerial lebih hanya ke trial dan eror
Perusahaan besar
1.umumnya bukan di kelola oleh pemilik
2.struktur organisasinya kompleks
3.pemilik mengenal sedikit karyawan
4.prosentasi kegagalan rendah
5.banyak ahli manajemen
6.modal jangka panjang relative lebih mudah
TUGAS 2
4.A. apa makna sukses menurut anda?
Menurut saya sukses adalah,suatu hasil dari kerja keras hingga apa yang di cita-citakan dapat terwujud.sukses adalah sebuah kondisi dimana kita sudah merasa aman dengan situasi dan kondisi yang kita dapat sehingga kita dapat melakukan hal yang sebelumnya tidak dapat kita lakukan atau kita miliki
B.Kuliah sambil berwirausaha
Kuliah sambil berwirausaha bukanlah suatu yang berat,bila kita mampu dan mempunyai kemauan untuk mandiri atau tidak memberatkan orang tua dengan berwirausaha .terkadang masalah yang di hadapi adalah pembagian waktu yang cenderung sulit di atur.sehingga mengganggu aktivitas kuliah kita sehingga nilai menjadi turun
3.jadi pengusaha atau jadi karyawan bonafit?
Pilihan tersebut tergantung dari kemampuan kita,bila kita mempunyai kemampuan untuk berwiausaha maka akan menjadi pengusaha,begitupun sebaliknya.pendapat saya,saya akan menjadi pengusaha,diawali dengan belajar segala hal tentang membuat da memimpin sebuah perusahaan,mencari modal,mengetahui segala resiko
Tidak ada komentar:
Posting Komentar